Subscribe:

Minggu, 11 November 2012

BlackBerry Bisa Bahayakan Kesehatan, Khususnya Wanita Berkulit Sensitif

Jakarta - Pengguna iPhone dan BlackBerry di dunia ini jumlahnya bisa sampai jutaan. Namun saat berbicara soal kesehatan, iPhone ternyata lebih sehat dibanding BlackBerry.

Para ilmuwan menguji 75 smartphone populer seperti iPhone, Android, BlackBerry, dan flip phone. Semua diuji dengan dua alergen (pemicu alergi) yang paling umum, kobalt dan nikel. Mereka tidak menemukan logam di iPhone.

Sementara telepon flip mengandung paling banyak nikel dan ketika menguji smartphone, BlackBerry adalah salah satu-satunya model yang mengandung salah satu zat. Sepertiga dari BlackBerry yang diuji nikel, bisa membuat orang yang berkulit sensitif menjadi ruam.

"Kedua logam dapat menyebabkan reaksi alergi termasuk kering, gatak-gatal di sepanjang tulang pipi, rahang ,dan telinga," kata Dr Tania Mucci dalam presentasinya di American College of Allergy, Asthma and Immunology, seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (10/11/2012).

Alergi nikel adalah alergi yang paling umum di Inggris. Alergi ini diperkirakan mempengaruhi 30 persen dari populasi dan meningkat. Para ilmuwan menguji tombol ponsel, keypad, speaker, kamera, dan panel logam.

Nikel adalah logam berwarna putih keperakan yang digunakan sebagai campuran karena ketahanan terhadap korosi.

Hal ini ditemukan dalam benda termasuk gagang pintu, gunting, perhiasan, dan bahkan secara alami di beberapa makanan, seperti kacang-kacangan dan kacang merah. "Pasien dengan alergi nikel dan kobalt harus mempertimbangkan untuk menggunakan iPhone untuk mengurangi kesempatan bereaksi alergi," kata Ahli Alergi Dr Luz Fonacier,

"Pengguna BlackBerry yang beralergi harus menghindari lama-lama bercakap, pesan teks, dan memegang telepon mereka jika mereka mulai menunjukkan gejala".

Perempuan berisiko lebih tinggi mengalami dermatitis ponsel karena mereka lebih cenderung sensitif terhadap logam, menyusul reaksi dari perhiasan berlapis nikel.

The British Association of Dermatologists menyarankan, siapa saja mengalami ruam di wajah mereka yang mungkin disebabkan karena penggunaan telepon seluler dalam jangka panjang, segera mencari nasihat dari dokter mereka. "Dalam dermatitis ponsel, ruam biasanya akan terjadi di pipi atau telinga".

Sementara itu Juru Bicara BlackBerry mengatakan, "Reaksi alergi dari nikel terjadi dari luar telepon".

"Kami menguji ponsel sesuai Pengujian Protolol UE EN 1811 dan telah menemukan paparan nikel, pada permukaan luar smartphone BlackBerry yang baru dibeli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar