Subscribe:

Selasa, 20 November 2012

Atasi 5 Masalah Kesehatan Dengan Diet

Ilustrasi sakit perut. 
Sembelit, diare, mual, buang angin dan maag bisa diatasi dengan diet yang tepat.

Diet tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, tapi juga mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan yang memalukan.

Apa saja? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari US News, Selasa (20/11).

Sembelit
Jika Anda sering mengalami sembelit atau sulit buang air besar, ini berarti Anda harus makan lebih banyak makanan berserat. Selain itu, jangan malas untuk minum air, minimal delapan gelas sehari, dan rajin latihan fisik sehingga masalah kesehatan tersebut bisa segera diatasi.

Diare
Sebaliknya, jika Anda menderita diare, Anda hanya perlu meningkatkan konsumsi karbohidrat. Oleh karena itu, makanan seperti beras, pisang, dan roti lebih dianjurkan untuk dikonsumsi lebih banyak ketika mengalami diare. Semua makanan akan diserap oleh tubuh Anda dan diare dengan cepat akan mereda. Jangan lupa untuk banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Mual
Bila Anda mengalami hal ini, pilih makanan kering seperti biskuit, sereal tanpa susu, lalu minum air di antara waktu makan. Nikmati makanan dalam porsi kecil. Cara ini bisa dilakukan lebih sering. Terakhir, hindari konsumsi makanan dengan bau dan rasa terlalu tajam.

Buang Angin
Sering kentut tentu cukup memalukan bagi Anda. Lantas, bagaimana caranya mengatasi masalah ini? Sangat mudah, Anda hanya perlu menghindari minuman soda, hindari minum melalui sedotan dan tidak mengunyah permen karet. Hal-hal ini dilakukan agar udara tidak banyak memasuki perut yang memicu buang angin. Sementara makanan yang Anda coba untuk meredakan buang angin adalah teh chamomile, peppermint, dan jahe.

Maag
Ini masalah kesehatan mungkin tidak memalukan, tapi jelas sangat mengganggu. Jadi jika Anda mulai mengalami mulas, cobalah makan perlahan sedikit demi sedikit, dan menahan diri dari minum beralkohol, teh, kopi, minuman ringan. Beberapa makanan seperti cokelat, jus, saus tomat, dan masakan pedas juga harus dihindari.

Namun, jika kelima masalah kesehatan tersebut tidak dapat diobati dengan diet, Anda harus segera konsultasi ke dokter. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar